sistem erp merupakan tool yang berguna untuk manajemen. Aplikasi ini akan membantu perusahaan untuk mengumpulkan data penting.
tugas sistem erp mencakup bebagai departmen

Saat ini sudah banyak perusahaan atau badan usaha yang memilih menggunakan sistem ERP atau software ERP (Enterprise Resource Planning) untuk menjalakan proses bisnisnya. Selain lebih mudah, aplikasi ERP menawarkan data yang terintegrasi antara satu dengan yang lainnya, sehingga user tidak perlu berkali – kali membuka halaman hanya untuk mengganti data. Kelebihan ini dapat menekan resiko human error pada proses bisnis serta membuat penggunaan SDM (Sumber Daya Manusia) lebih efisien.


Banyaknya kelebihan ERP, mengundang cukup banyak orang untuk memutuskan menggunakan sistem ini, dengan harapan lebih praktis dan menunjang produktivitas perusahaan. Namun dalam memilih sistem ERP yang sesuai dengan harapan dan proses operasional perusahaan terkadang tidak mudah.


Oleh karena itu, berikut pengertian, sejaran dan tips kami berikan untuk memilih sistem ERP yang tepat serta beberapa rekomendasi developer ERP yang patut untuk di pertimbangkan.


KONTEN PADA ARTIKEL REKOMENDASI SISTEM ERP

  1. Apa itu ERP? ERP Adalah…
  2. Manfaat ERP Untuk Perusahaan
  3. Merancang Strategi dengan Sistem ERP
  4. Sejarah singkat ERP
  5. Tren Perkembangan ERP
  6. Tips Memilih Software / Sistem / Aplikasi ERP
  7. Rekomendasi Software ERP

APA ITU APLIKASI ERP? ERP ADALAH…

(back to top)


ERP terdiri dari 3 elemen yaitu Enterprise, Resource dan Planning. Enterprise memiliki arti perusahaan yang sedang menjalankan bisnis,  Resource merupakan sumber daya manusia yang berada terlibat dalam proses bisnis perusahaan, dan Planning adalah perencanaan perusahaan untuk mencapai target yang diingikan.


Jadi bisa diartikan bahwa ERP adalah suatu sistem yang membantu perusahaan dalam meng efisien kan user dalam pekerjaan dan sebagai pendukung pembuat rencana atau keputusan perusahaan. Untuk lebih mengerti tentang ERP, silakan di cek artikel Apa Itu ERP? ERP Adalah Sistem Integrasi Data Dari Berbagai Departemen.


MANFAAT SOFTWARE ERP UNTUK PERUSAHAAN

(back to top)


Sistem ERP atau aplikasi ERP memang sangat bermanfaat untuk perusahaan. Inilah sebabnya kalau kita lihat di pasaran, ada banyak sekali sistem ERP dari lokal dan internasional. Nah, sebelum mempertimbangkan Sistem atau software ERP yang mau digunakan, sebaiknya Anda paham dulu manfaatnya untuk perusahaan. Berikut adalah listnya:


1. Aplikasi ERP Sebagai Alat Untuk Menganalisa dan Perhitungan


aplikasi erp digunakan untuk menganalisa data perusahaan

Tujuan awal ERP adalah sebagai alat untuk membantu manajemen mengambil keputusan baik untuk faktor internal maupun faktor eksternal perusahaan. Sistem ERP memberikan banyak laporan sebagai bahan yang menunjang pertimbangan pemikiran para manajemen.


2. Sistem ERP Untuk Membantu Perusahaan Untuk Bersaing Dengan Kompetitor


ERP diciptakan untuk memudahkan user, terutama agar dapat menghemat waktu dalam bekerja. Semakin cepat SDM dalam suatu perusahaan bekerja, semakin produktif pula kegiatan operasional di dalamnya. Tentunya hal ini mendukung kompetisi bisnis dengan bisnis saingan lain. Perusahaan bisa selangkah lebih cepat daripada kompetitornya. ERP juga membantu menentukan langkah berikutnya dalam bersaing dengan perusahaan lain.


3. Aplikasi ERP Untuk Menjaga Kelangsungan Operasional Perusahaan


Karena dinilai sangat praktis dan memiliki peran besar, maka ERP memiliki tujuan membantu kelancaran kegiatan operasional perusahaan. ERP menjanjikan data dan laporan yang menjadi dasar dalam perencaan proses bisnis selanjutnya.


4. Software ERP Untuk Mempertahankan Perusahaan Dari Serangan Gencar Kompetitor


Dapat digunakan sebagai pertahanan diri dari kompetitor, dengan cara menyediakan laporan keuangan yang kredibel, yang sesuai dengan waktu saat itu. Laporan ini bisa membantu memutuskan bagaimana untuk menghadapi serangan tersebut, dengan kondisi perusahaan sekarang.


5. Aplikasi ERP Untuk Membaca Peluang Dengan Data


Manajemen akan dapat membaca peluang yang terlihat di depan mata perusahaan, dan memanfaatkan peluang itu untuk kemajuan bisnis mereka. Diharapkan dengan sistem ERP banyak usaha bisnis yang terus meningkat dan peka terhadap peluang-peluang baru yang terbuka pada waktu itu.


MERANCANG STRATEGI DENGAN SOFTWARE ERP

(back to top)


Dalam sistem ERP memang menyediakan data dan laporan yang saling terhubung satu sama lain, sehingga bisa membantu untuk bahan analisa dari perencanaan yang diinginkan berikutnya. Ada 2 karakteristik utama yang di berikan, yaitu variasi dan fleksibilitas. Ada 3 strategi yang bisa di ambil untuk pengambilan keputusan, antara lain melalui:


1. Analisa Data Perusahaan Dengan Aplikasi ERP


Melalui analisa di sistem tersebut, seperti yang dijelaskan tujuan dari ERP, menyediakan laporan dan data – data analisis yang disarankan oleh perangkat lunak tersebut. Fungsinya tentu saja untuk menjadi alat dasar dalam mengahdapi proses bisnis, baik dari internal maupun eksternal perusahaan.


Software ERP bermanfaat untuk analisa perusahaan

2. Mengetahui Letak Geografis Konsumen, Klien, Vendor, Partner, & Pasar Dengan Menggunakan Sistem ERP

Strategi geografis ini membantu perusahaan untuk membahas faktor yang eksternal yang terjadi di lingkungan sekitar, dan disebabkan oleh keadaan Negara, tanpa dipengaruhi oleh kompetitor. Misalkan membahas faktor ekonomi, politik, teknologi dan lingkungan sekitar. Sebab, penjualan barang dan jasa ikut di pengaruhi faktor – faktor tersebut.


Tentunya ERP dapat dimanfaatkan sebagai alat pecatatan yang berbasis historikal. Dimana transaksi yang telah terjadi bisa selalu di dokumentasikan. Data yang diperoleh kemudian dapat menjadi acuan untuk mendapatkan data tentang letak strategis pasar, klien, vendor dan sebagainya.


3. Proyek Integrasi Departemen Perusahaan Menggunakan Software ERP

Strategi satu ini mempertimbangkan strategi operasi dan manajemen sebagai salah satu faktor yang sangat penting sebagai panduan perencanaan perusahaan. Integrasi akan bermanfaat untuk membaca situasi pada setiap departemen, dan efeknya terhadap perusahan dan/atau efeknya terhadap departemen lain.


Hal ini kemudian dinilai sangat penting untuk enterprise, atau perusahan-perusahaan yang berukuran besar. Karena pada perusahaan besar, umumnya memiliki tingkat kerumitan proses yang lebih tinggi daripada perusahaan yang kecil. ERP dapat membantu manajemen untuk memantau proses yang terjadi pada setiap departemen, dan mengambil keputusan untuk membuat proses-proses tersebut lebih efisien.


SEJARAH SINGKAT SOFTWARE ERP

(back to top)


Sebelum memilih Aplikasi ERP, ada baiknya dahulu mengetahu sejarah dari sistem ERP terbaru saat ini, sebagai salah satu bahan pertimbangan nanti, apakah ERP yang menjadi rekomendasi anda sudah tergolong baru atau masih menggunakan sistem lama.


Pada awalnya ERP memiliki nama MRP yang merupakan singkatan dari Material Requirement Planning. Konsep MRP adalah sebagai perencanaan kebutuhan material, tidak mencangkup hal lain. Evolusi selanjutnya MRP berubah nama menjadi Close Loop MRP. Sistem ini merupakan sederatan fungsi baru dan tidak hanya terbatas pada MRP, tetapi juga terdiri atas alat bantu dalam penyelesaian masalah yang menjadi prioritas. Close Loop MRP juga mulai dapat mengubah atau mengganti rencana jika memang diperlukan.


Sistem ERP untuk bersaing dengan kompetitor

Tahap pengembangan berikutnya diberi nama Manufakturing Resource Plannning (MRP II), yang merupakan pengembangan dari Close Loop MRP. Ada 3 elemen yang ditambahkan yaitu, perencaan penjualan dan operasi, antarmuka keuangan dan simulasi analisis dari berbagai macam kebutuhan yang diperlukan. Pada tahap ini MRP II mulai merangkul hampir keseluruhan proses bisnis perusahaan.


Setelah MRP II maka istilah ERP atau Enterprise Resource Planning mulai muncul, sebagai bentuk evolusi dari MRP. ERP memiliki perluasan dalam proses bisnis, yaitu adanya integrasi dalam keuangan, rantai pasok dan meliputi lintas batas fungsi organisasi atau perusahaan yang dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Data mulai terhubung antara modul satu dengan yang lainnya, sehingga tidak perlu lagi menghabiskan waktu untuk mengubah data masing-masing.


ERP yang mulai dipakai hingga saat ini adalah Extended Enterprise Resource Planning atau yang bisa disingkat dengan nama ERP II. Sistem ini muncul sejak tahun 2000 dan terus dipakai hingga saat ini. ERP II lebih kompleks dalam penggunaannya dibandingkan dengan ERP. Hal ini membantu user untuk cepat beradaptasi dengan software tersebut, maupun adaptasi dengan proses bisnis perusahaan.


Hingga saat ini, ERP terus mengalami perkembangan guna mempermudah user dalam bekerja dan meningkatkan produktivitas SDM. Ternyata ERP pun menularkan tren baru yang dipengaruhi sistem andalan perusahaan ini.


TREN PERKEMBANGAN SISTEM ERP

(back to top)


ERP akan selalu berkembang dengan jaman. Karena dunia bisnis selalu berkembang setiap tahun, dari yang manual sampai sekarang sudah masuk ke era digital. Begitu juga dengan ERP, pastinya sistem ERP harus terus mengikuti kebutuhan perusahaan dan perubahan-perubahan yang terjadi pada kebutuhan sebuah perusahaan.


1. Mobile ERP


Merupakan sistem ERP yang bisa di akses secara mobile. Jadi, user bisa mendapatkan informasi yang diinginkan secara real time dimanapun mereka berada dan kapanpun waktunya. Mengingat seseorang terkadang tidak terus menerus bisa berada di depan PC atau komputer. ERP bisa dikemas dalam bentuk aplikasi pada android ataupun IOS. Ini adalah salah satu inovasi sistem ERP yang sangat memudahkan dan efisien secara waktu.


2. Cloud ERP



Tren Cloud ERP saat ini sedang marak di gunakan pada perusahaan. Data yang dimasukkan dalam ERP dianggap sebagai tempat penyimpanan yang aman apabila terjadi sesuatu pada sistem ini nantinya, serta memudahkan user untuk melihat data kapanpun mereka mau.


Teknologi ini biasanya dapat digunakan dengan mudah, karena dijalankan dengan menggunakan web browser yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, selama memiliki koneksi internet yang stabil. Biaya untuk cloud ERP juga cenderung lebih rendah dari tren lainnya, karena database cenderung diletakan pada cloud, bukan pada software ERP.


3. Social ERP

Tren ERP ini melihat perkembangan zaman saat ini, dimana banyak user yang menggunakan dan mengakses media sosial. Developer saat ini langsung berinisiatif untuk menambahkan paket media sosial dalam sistem ERP. Fungsinya tidak lain adalah untuk mengikuti perkembangan zaman dan menarik minat user.


4. Two Tier ERP


Merupakan sebuah strategi teknologi yang disusun untuk perusahaan besar nasional atau perusahaan multinasional yang sudah mencakup seluruh Indonesia, atau bahkan dunia. Biasanya di dalamnya memiliki istilah tier 1 dan tier 2. Tier 1 untuk menangani pekerjaan mengenai keuangan dan proses umum lainnya dalam suatu proses bisnis. Tier 2 merupakan ERP untuk divisi-divisi dalam perusahaan, anak perusahaan.


TIPS MEMILIH SISTEM ERP / SOFTWARE ERP / APLIKASI ERP

(back to top)


Perlu diketahui, dalam memilih sistem ERP tidak bisa sembarangan. Software ini dapat mempengaruhi kinerja proses bisnis perusahaan. Tentunya semua berharap bahwa ERP justru dapat meningkatkan produktivitas dan profit. Sistem yang tepat saja akan memakan cukup waktu bagi perusahaan untuk beradaptasi, bisa dibayangkan bagaimana jika memilih sistem yang salah atau abal – abal? Tips – tips dibawah ini dapat anda jadikan bahan pertimbangan untuk memilih sistem ERP yang sesuai


1. Pilih Developer Yang Berpengalaman Dengan Portfolio Yang Baik


Pilihlah developer yang sudah memiliki pengalaman atau protofolio. Memang developer seperti ini akan memberikan harga produk yang cukup tinggi, tapi itu sepadan untuk keuntungan yang ditawarkan. Anda bisa melihat melalui website developer tersebut atau melihat testimoni pelanggan. Cobalah untuk mencari review sistemnya melalui internet. Biasanya akan ada banyak user yang sudah menggunakan sebelumnya dan menyampaikan kesan dan kritik.

2. Tanyakan Soal Fitur-Fitur Yang Ada Pada Aplikasi ERP


Jangan sungkan untuk bertanya, khususnya untuk menyesuaikan dengan proses bisnis dalam perusahaan. Ingat, semakin sistem ERP itu sesuai dengan perusahaan, semakin sedikit waktu yang digunakan untuk proses trial and error. Tentunya hal ini dapat menghemat waktu user, dan dapat secepat mungkin diterapkan pada badan usaha.


Pastikan Anda mencoba dulu Sistem erp sebelum membeli

3. Request Demo Untuk Memastikan Kecocokan Dengan Kebutuhan Perusahaan


Mintalah free trial pada developer sebelum memutuskan untuk membeli, khususnya jika itu developer baru. Anda bisa mencoba sistem ERP mereka untuk dipilih mana yang paling cocok dengan kegiatan bisnis. Keuntungan lainnya yaitu, dapat melihat apakah sistem ERP yang ditawarakan dapat memberikan kemudahan dan kelebihan seperti yang ditawarkan.


4. Jangan Salah Pilih Sistem ERP, Cari Yang Sesuai Dengan Bidang

Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan bisnis perusahaan. Misalkan yang dibutuhkan adalah ERP untuk piutang dagang, maka belilah ERP yang khusus untuk hutang piutang. Contoh lain, setelah melihat tulisan ini, ada tren yang dijelaskan sebelumnya menarik minat, entah itu cloud ERP atau two tier ERP. Anda bisa konsultasikan dahulu kebutuhan yang di perlukan kepada tim developer mereka.


5. Sistem ERP Dari Developer Dalam Negeri Atau Luar Negeri


Anda harus paham perbedaannya. Karena developer aplikasi ERP dari dalam negeri akan lebih paham tentang kebutuhan perusahaan dalam negeri. Misalkan soal perpajakan, atau peraturan dan regulasi negara. Sehingga Anda tidak perlu repot-repot melakukan kustomisasi dan adjustment yang akan memakan waktu, karena developer lokal sudah memasukkan pertimbangan tersebut kedalam aplikasi ERP mereka.


REKOMENDASI DEVELOPER APLIKASI & SISTEM ERP

(back to top)


Developer yang berpengalaman menjadi salah satu tips dalam memilih sistem ERP yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Saat ini banyak developer yang memproduksi sistem ERP, dikarenakan menawarkan kemudahan dalam proses mengelola data. Setelah mengetahui seluk beluk ERP, yaitu jenis dan sejarahnya, maka inilah beberapa rekomendasi developer lokal yang bisa Anda hubungi untuk sekedar bertanya maupun memutuskan membeli.


software erp ukirama

1. UKIRAMA ( www.ukirama.com )


Bertempat di Jakarta, Ukirama merupakan salah satu developer yang menawarkan ERP dengan tren Cloud ERP. Ukirama memiliki beberapa fitur yang sangat menarik dan bermanfaat. Misalnya, user tidak memerlukan instalasi yang tentunya menganggu jalannya proses bisnis nantinya. Cukup di akses dengan menggunakan PC atau laptop, serta tersedianya koneksi internet yang memadai.


Dapat dengan mudah mengakses data dimanapun dan kapanpun, selama memiliki koneksi internet. Tidak harus berada di suatu tempat dan fleksibel digunakan. Sistem ERP Ukirama dapat digunakan oleh semua perangkat, baik itu PC, laptop, maupun HP (Android dan IOS).


sistem erp sivensys

2. SIVENSYS (www.sivensys.com)


Dirancang untuk perusahaan distribusi, manufaktur, ritel dan jasa lainnya. Sivensys menawarkan keunggulannya, yaitu integrasi data dengan cepat dan mengotomatisasi proses bisnis yang dapat disesuaikan dengan karateristik perusahaan.


Sivensys dikembangkan sejak tahun 2006 dan mulai dipasarkan sejak tahun 2009. Legalitasnya telah diterima sejak tahun 2014. Dengan memiliki legalitas sendiri, maka dipastikan biaya ERP akan jauh lebih murah, karena tidak bergantung pada developer luar negeri.


software aplikasi jurnal

3. JURNAL by Mekari (www.jurnal.id)


Jurnal juga merupakan developer ERP yang cukup terkenal di Indonesia. Jurnal dapat me nghubungkan langsung dengan bank, sehingga mempermudah konsoliasi antara perusahaan dengan bank. Karena ada backup data otomatis, Jurnal dapat mengurangi resiko hilangnya data. Data merupakan bagian penting dalam jalannya operasional perusahaan. Jurnal menawarkan kemudahan dalam pengamanan data, tanpa perlu melakukan dengan cara manual.


Jurnal meyakinkan kemanan sistem mereka disetarakan dengan bank. Tujuannya untuk menghindari pihak tidak bertanggungjawab yang mencoba meretas. Dapat mengakses ERP dan melihat data tanpa terbatas oleh ruang dan waktu. Jurnal merupakan sistem ERP yang real time. Hal ini memudahkan pengguna untuk memantau kegiatan sehari-hari perusahaan.


Itulah 3 developer ERP yang patut untuk di coba dan dihubungi apabila Anda sedang mencari sistem ERP buatan lokal. Masih banyak developer lainnya, Anda bisa bertanya pada korelasi atau kerabat yang menggunakan ERP sebagai bahan acuan atau juga dapat mengakses internet dan mencari developer kenamaan di mesin pencarian. Sistem ERP ada untuk memudahkan proses bisnis perusahaan, sehingga harus memilih developer yang tepat. Salam!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *