pelatihan karyawan

Pelatihan Karyawan itu penting. Karena bagaimanapun, sebuah perusahaan tidak akan beroperasi dengan baik dalam meningkatkan pendapatan dan keuntungan tanpa kerja keras dan keahlian para karyawan yang bekerja di dalamnya.


Namun hal ini seringkali diacuhkan oleh manajemen perusahaan, yang cenderung merasa lumrah bahwa yang namanya karyawan itu harus bekerja keras untuk perusahaan. Sayangnya karyawan itu juga manusia dan memiliki kelebihan dan kelemahan yang variatif.


Sehingga tugas perusahaan adalah memahami kelemahan tersebut, menganalisa apakah kelemahan tersebut akan berpengaruh terhadap kinerja, dan membantu karyawan dan anggota organisasi-nya untuk berkembang lebih maju.


Manfaat Pelatihan Karyawan Untuk Perusahaan


1. Meningkatkan Keahlian Karyawan. Keahlian para karyawan berbeda-beda dalam suatu perusahaan adalah hal yang wajar. Tapi kalau sebuah perusahaan memiliki standar tersendiri untuk tingkat keahlian suatu bidang, maka ini tentunya akan sangat membantu. Sehinggga meningkatkan keahlian pekerja melalui pelatihan karyawan, sesuai dengan standar perusahaan itu sangat penting.


pelatihan karyawan memberikan ilmu yang berguna untuk operasional perusahaan

2. Meningkatkan Kinerja Karyawan. Salah satu topik yang bisa diangkat dalam pelatihan karyawan adalah peningkatan produktifitas dalam bekerja sehari-hari. Dengan kinerja pekerja yang meningkat, performa perusahaan juga akan meningkat secara kolektif.


3. Memperbarui Keahlian Karyawan Dengan Pengetahuan & Ilmu Terbaru. Pengetahuan dan keahlian seorang karyawan bisa saja menjadi tertinggal seiring dengan waktu. Terutama pada jaman digital, yang mana perkembangan teknik-teknik digital marketing misalnya, terus berkembang dan cara-cara lama sudah di perbaharui sehingga tidak lagi relevan. Sehingga pelatihan menjadi penting untuk dilakukan secara berkala.


4. Mempersiapkan Karyawan Untuk Naik Jabatan. Naik jabatan berarti akan naik tanggung jawab, sehingga bisa saja seorang karyawan staff biasa yang akan menjadi manajer misalnya, belum tau betul apa saja tanggung jawab seorang manajer dibandingan tanggung jawab posisi sebelumnya. Skill yang dibutuhkan juga bisa jadi berbeda, pelatihan karyawan sebelum promosi dapat membantu perusahaan untuk mempersiapkan calon.


pelatihan karyawan membantu proses promosi dan pelatihan skill untuk yang dipromosikan

5. Meningkatkan Efisiensi & Efektifitas Kerja. Tentunya dengan melatih karyawan dengan topik topik yang berhubungan dengan manajemen waktu, produktifitas, dan membekali mereka dengan tools atau aplikasi yang dapat membantu manajemen projek, efisiensi & efektifitas kerja anggota perusahaan dapat meningkat beberapa kali lipat dan dapat diukur.


Jenis-Jenis Pelatihan Karyawan


Nah kalau sudah paham manfaatnya, selanjutnya adalah jenis-jenis pelatihan yang mungkin bisa menjadi ide pelatihan selanjutnya untuk perusahaan Anda.


1. Pelatihan Materi Pengetahuan Bidang. Untuk menambah skill / keahlian baru pada sebuah bidang, tentunya terlebih dahulu harus dipelajari pengetahuan dasarnya. Hal ini dapat diajarkan kepada setiap karyawan, dimana materi yang diajarkan dapat disesuaikan dengan departemen masing-masing. Contohnya, karyawan di bidang sales marketing diajari untuk melakukan digital marketing juga via Google Search, sehingga bisa mendapatkan leads secara online juga.


salah satu pelatihan karyawan adalah materi pengetahuan sesuai bidang

2. Pelatihan Berbicara di Depan Umum. Ini yang secara general dapat diajarkan kepada semua anggota perusahaan. Namun yang paling penting pelatihan karyawan yang satu ini, diberikan kepada anggota perusahaan yang sudah ada di bagian manajemen atau akan promosi ke bagian tersebut. Karena sudah umum anggota manajemen harus berbicara di depan publik atau melakukan presentasi.


3. Pelatihan Pengetahuan Produk. Ini berlaku khususnya bagi bagian sales, yang harus menceritakan poin-poin plus tentang produk yang dijual. Sehingga ada baiknya pelatihan pengetahuan produk selalu dilakukan secara berkala selama 3 bulan sekali. Hasilnya adalah tim sales akan hafal di luar kepala apapun tentang produk yang mereka jual.


4. Pelatihan Kerjasama Tim. Tingkat kemampuan teamwork dan sosialisasi setiap orang berbeda-beda. Dimana pelatihan ini akan membantu anggota tim untuk lebih mengenal dirinya masing-masing dan bagaimana mereka bisa memperbaiki kelemahannya dalam bekerja sama dengan rekan kerjanya. Pelatihan Kerjasama karyawan juga bisa dalam bentuk outbond dan sebagainya.


kerja sama tim membuat pekerjaan dan tugas menjadi lebih efisien dalam pengerjaannya

5. Pelatihan Pelaksanaan SOP. Karena SOP memang membutuhkan kedisiplinan, maka agar karyawan selalu beroperasi sesuai dengan SOP yang telah ada, memang harus dilakukan pelatihan secara berkala. Terutama apabila SOP yang dibuat selalu diperbaharui. Cek artikel tentang SOP Adalah?


Nah itulah tadi beberapa hal tentang jenis-jenis pelatihan karyawan & manfaatnya. Apabila ada pertanyaan, Anda bisa langsung tulis komentar Anda dibawah ya. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa di share! Salam!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *