katalog online

Katalog online adalah bagian yang penting dalam strategi marketing sebuah bisnis karena fungsinya sebagai “etalase“ toko Anda. Di era yang serba digital ini, hampir semua lapisan masyarakat memiliki smartphone dan koneksi internet. Kustomer hanya perlu download katalog produk Anda untuk melihat spesifikasi produk beserta harganya. Terbukti lebih efektif – penggunaan online katalog juga dilakukan oleh perusahaan-perusahaan ternama seperti IKEA dan H&M yang mulai meninggalkan katalog fisik dan beralih ke digital. Untuk lebih lengkapnya, inilah 5 alasan bisnis Anda harus memiliki katalog online!

katalog online lebih mudah

Memperluas Jangkauan Konsumen

Katalog online memudahkan promosi dengan budget yang lebih rendah, tapi dapat menjangkau audiens lebih luas. Kok bisa? Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), 50,8 % masyarakat Indonesia membuka internet lewat smartphone. Itu artinya, Anda memiliki banyak opsi membagikan katalog online, seperti mengirimkan newsletter via email atau melampirkannya di Facebook Page agar mudah diakses siapa saja.

“Ah, saya sudah cukup dengan buku katalog saja lebih enak dibaca oleh konsumen saya.“

Bagaimana Anda tahu kalau orang tersebut akan membeli produk Anda?

Katalog yang dicetak dalam bentuk majalah atau yang dibagikan di depan toko atau di tepi jalan sifatnya random. Tidak semua orang yang diberi itu tertarik dengan produknya. Mungkin mereka akan membaca sekilas lalu membuangnya. Menyakitkan? Memang seperti itu faktanya.

katalog online sangat bermanfaat

Anda bisa menghindari metode pemasaran sia-sia dan menekan budget marketing yang berlebihan untuk cetak brosur, dengan beralih ke konten digital. Katalog online yang Anda bagikan di sosmed atau website bisnis Anda, bisa diunduh oleh siapa saja yang memang tertarik dengan produk Anda dan ingin membelinya.

Bahkan ketika konsumen hanya “lihat-lihat saja“, mereka sudah aware dengan brand Anda. Besar kemungkinan untuk mereka beli di lain waktu karena sudah familiar dengan produk Anda di katalog online. Apalagi, setiap orang bisa membagikan konten katalog Anda dengan membagikan link. Bisa via WhatsApp, sosial media, dan masih banyak lagi.

Sebagai bonus, Anda bisa memperoleh informasi tentang konsumen dan memasukkannya ke dalam database untuk diolah lagi sebagai materi marketing kedepannya (Katalog online sebagai marketing efektif akan dibahas di poin selanjutnya).

Memahami Perilaku Konsumen dan Beradaptasi Dengan Tren

Wah, apa hubungannya bikin katalog online sama perilaku konsumen? Ada banyak faktor mengapa seseorang memutuskan untuk membeli sebuah produk atau tidak.

ruangan rumah

Dengan adanya katalog online, Anda membantu calon membeli untuk lebih yakin akan pilihannya. Ketika kita melihat gambar sofa, misalnya. Kita pasti ingin tahu, bahannya apa? Kayunya jenis apa? Dimensinya berapa? Juga informasi terkait produk tersebut secara lengkap. Semakin banyak informasi yang kita dapatkan, kita akan lebih yakin untuk melakukan pembelian.

analytics katalog online

Katalog online yang interaktif dan terintegrasi dengan software analytics dapat membantu sebuah bisnis untuk mencari tahu, produk mana yang paling disukai konsumen. Anda juga bisa mengumpulkan data seperti aktivitas apa saja yang mereka lakukan saat membaca katalog online Anda, golongan usianya, dan apa saja yang mereka beli. Dengan memahami aktivitas konsumen, Anda bisa tahu, bagaimana cara melayani mereka secara lebih baik.

katalog online

Dalam artian, Anda bisa menentukan segmentasi secara demografis. Mulai dari jenis kelamin, pendidikan, hingga usia. Dengan mengetahui informasi ini, Anda dapat menargetkan barang jualan sesuai pangsa pasarnya. Lewat katalog online, Anda juga bisa menentukan segmentasi secara geografis. Darimana konsumen Anda berasal, dan karakteristik kebutuhan mereka.

Dengan informasi ini, selanjutnya Anda bisa…

Meningkatkan Jumlah Penjualan

Seperti yang dijelaskan di poin sebelumnya. Dengan jangkauan konsumen yang semakin luas, maka katalog online Anda bisa menggaet kustomer baru dan meningkatkan penjualan Anda. Dengan solusi teknologi yang hampir bisa menyelesaikan semua masalah diluar sana, tak heran jika katalog online pun bisa diintegrasikan dengan software lain seperti vendor management system, misalnya.

analytics katalog online penjualan

Software cloud-based ini bermanfaat bagi Anda dan konsumen yang hendak membeli produk dengan cepat. Cukup dengan klik produk di katalog, maka laman akan dialihkan ke proses selanjutnya, seperti add to cart atau ke billing system untuk transfer pembayaran invoice. Semuanya bisa dilakukan secara otomatis dan bisa di-track detail penjualan barang Anda untuk laporan bulanan.

Fleksibel Dalam Memajang Produk Terbaru Anda Dengan Katalog Online

Mungkin kesannya sepele. Tapi bayangkan jika Anda hanya punya katalog fisik, dan produk baru Anda masih belum ter-update di katalog tersebut? Anda harus mencetak ulang lagi beberapa eksemplar untuk didistribusikan. Selain memakan waktu, proses ini juga memakan biaya.

Versi digital sebuah katalog memungkinkan Anda untuk memberikan informasi seputar promo dan produk terbaru secara cepat bahkan real-time. Jika Anda mengintegrasikannya dengan software untuk inventory, maka Anda bisa hemat tenaga karena semua sudah tercatat dengan baik. Sungguh sangat mudah, hemat biaya, dan hemat waktu kan?

fleksibel toko

Katalog online juga bisa dibuat seatraktif mungkin dengan menambahkan aneka fitur sesuai dengan profile pembeli. Misalnya Anda menjual produk fashion, Anda dapat memberikan fitur mix and match atau change color di setiap produk sehingga konsumen bisa memilih dan merasakan pengalaman seperti window-shopping

Katalog Online Untuk Strategi Marketing Yang Efektif

Konten digital menjadi bagian penting dalam strategi pemasaran. Seperti yang sudah dijelaskan di bagian awal tadi, masyarakat kita sudah cukup melek teknologi dan mayoritas berselancar di dunia maya menggunakan smartphone/gadget masing-masing. Dari segi budget, katalog online lebih hemat biaya. Dengan tingkat fleksibilitas yang tinggi, tiap katalog bisa didesain agar mobile-optimized dan disesuaikan dengan platform-nya. Lalu, tinggal di-posting dimana-mana. Katalog online juga sangat mudah untuk dibuatkan online advertising dengan biaya yang terjangkau.

smartphone

Informasi produk di dalam katalog online Anda dapat berpengaruh terhadap tingkat kepuasan konsumen karena mereka mendapatkan apa yang mereka inginkan. Semakin puas, berarti kemungkinan untuk re-purchase semakin tinggi.

Katalog Online Dapat Menjembatani Toko Fisik Anda Menuju E-Commerce

Ketika hampir semua di sekitar kita dipengaruhi oleh teknologi dan komunikasi secara daring, tentunya beralih ke katalog online menjadi hal yang patut dipertimbangkan. Selain beberapa alasan di atas, bagi Anda yang baru memulai membuka toko online, katalog online dapat membantu Anda terjun ke dunia e-commerce sebagai dukungan terhadap toko fisik yang sudah Anda kelola selama ini.

Yang pasti, membuat katalog online harus dibarengi dengan strategi konten yang baik serta gambar beresolusi tinggi yang sesuai dengan aslinya. Hal ini untuk mencegah kekecewaan konsumen yang sudah punya ekspektasi visual pada produk pilihan mereka. Foto-foto dengan kualitas yang baik dengan warna menyerupai produk asli, bisa berpengaruh positif terhadap keputusan konsumen untuk membeli.

physical distancing

Ditambah lagi dengan kewajiban untuk physical distancing yang mengharuskan kita meminimalkan kontak fisik, katalog online akan lebih dibutuhkan lagi oleh kustomer Anda. Jadi, sudahkah bisnis Anda memiliki katalog online? Jika belum, ini saat yang tepat untuk membuat!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *