PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) merupakan perusahaan kereta api yang berdiri semenjak tahun 1945 dan menjadi perusahaan yang memegang sistem operasi kereta api di Indonesia secara menyeluruh.

Pada tahun 2019 PT KAI memutuskan untuk bekerja sama dengan Promise, dengan tujuan untuk meng-upgrade aplikasi sistem pengadaan elektronik atau yang sering disebut dengan e-procurement system, menjadi modul Procurement Management terbaru, dan mengimplementasikan modul Promise lainnya, serta mengimplementasikan katalog elektronik atau Promise e-catalogue, agar proses pengadaan yang terjadi di dalam PT KAI dapat berlangsung dengan transparan, efektif, efisien dan good governance, sehingga dapat tercapai organisasi yang efisien dalam menerapkan strategic procurement, baik pembelanjaan strategis ataupun operasional yang merupakan visi dan misi dari PT Kereta Api Indonesia (Persero)

Dalam rangkaian proses implementasi Promise, sebagai solusi pengadaan barang dan jasa, PT Kereta Api Indonesia (Persero), pada tanggal 24-28 Juni 2019, PT Mitra Mandiri Informatika (PT MMI)  mengadakan workshop Promise dengan tema Bisnis Proses Aplikasi E-Tender PT Kereta Api Indonesia (Persero) dengan tujuan  menyelaraskan bisnis proses pada modul-modul Promise yang akan diimplementasi untuk PT KAI. Modul tersebut Procurement Management, Vendor Management, dan Contract Management. Dan Promise E-Catalogue.

Dalam workshop yang dihadiri oleh 3 orang jajaran VP dan Manager dari PT KAI dan juga Tim BPS dari Promise, workshop yang dilakukan selama 5 hari di kota Bandung berjalan dengan lancar dan seksama.

Workshop dimulai dengan pembahasan Promise secara keseluruhan, mulai dari dasar penggunaan , hingga bisnis proses yang sudah ada., yang kemudian dilanjutkan dengan pembahasan bisnis proses dari modul Vendor Management, Procurement Management, Contract Management dan ditutup dengan Promise E-Catalogue, yang dibahas pada hari-hari berikutnya. Perubahan dan penyelarasan yang dilkaukan disetiap modul dibahas secara mendetail agar bisnis proses yang akan diimplementasikan oleh tim Promise sesuai dengan kebutuhan dari PT KAI. Contohnya pada modul Vendor Management, penyesuaian dengan 4 tipe yang dapat mendaftar untuk menjadi vendor di PT KAI, yang sesuai dengan kebutuhan dari perusahaan ataupun penyelarasan terhadap modul Procurement Management pada proses metode evaluasi agar menjadi 3 pilihan proses metode evaluasi.

Dengan dilaksanakannya workshop bisnis proses Promise pada PT KAI, rangkaian proses implementasi Promise E-Procurement system, kedepannya diharapkan berjalan dengan lancar dan sesuai dengen kebutuhan PT KAI, yang memiliki tujuan untuk menyelaraskan dan mempermudah seluruh proses pengadaan yang berada di dalam PT KAI secara transparan, efektif dan efisien, dan menjadikan PT KAI organisasi yang efisien dalam menerapkan strategic procurement.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *