e-katalog artikel

Pernah mendengar istilah e-katalog atau e-catalogue? Istilah yang sudah cukup terkenal ini sudah mulai di praktekan para pengusaha dan para marketer, untuk berlomba memasarkan produk atau jasa mereka secara digital.


Di era milenial ini, kebutuhan masyarakat sudah banyak disediakan melalui jejaring sosial. Konsumen pun lebih memilih produk atau jasa yang lebih mudah diakses atau dibeli tanpa harus keluar dari rumah atau tempat kerja. Jadi mereka dapat berbelanja dimanapun dan kapanpun.


KONTEN PADA ARTIKEL TENTANG E-CATALOGUE / E-KATALOG INI

  1. Sejarah Singkat E-Katalog / E-Catalogue
  2. Definisi E-Katalog / E-Catalogue
  3. Jenis-Jenis E-Katalog
  4. Manfaat E-Katalog Bagi Konsumen
  5. Manfaat E-Katalog Bagi Perusahaan
  6. Konsep E-Katalog
  7. Contoh E-Katalog
  8. Kesimpulan Tentang E-Katalog

APA ITU KATALOG / CATALOGUE – SEBELUM ADANYA E-KATALOG & E-CATALOGUE

(back to top)


Sebelum adanya e-katalog, semua badan usaha berlomba merancang katalog manual yang menarik untuk memasarkan produk atau jasanya. Katalog di cetak dengan berbagai ukuran dan bentuk. Ada yang di cetak seperti lembaran biasa atau di cetak seperti majalah. Namun sayangnya, penggunaan katalog / catalogue terkadang tidak tepat sasaran.


e-katalog atau e-catalog supermarket
Katalog produk Alfamidi

Katalog (catalogue) adalah list barang atau jasa yang pada umumnya diperjual belikan oleh sebuah perusahaan kepada para pembeli, end user atau perusahaan lain. Dimana katalog ini bisa berbentuk bermacam-macam, mulai dari kartu, lembaran, buku, atau bahkan secara digital yang disebut e-katalog / e-catalogue.


Katalog pada mulanya diciptakan sebagai alat promosi, untuk menyebarkan kepada masyarakat luas, bahwa toko atau perusahaan tersebut menjual barang atau jasa jenis ini dan itu. Kemudian berlanjut sebagai alat untuk menyampaikan ke masyarakat, bahwa mereka sedang mengadakan promo atau diskon.


Katalog manual bisa sampai di tangan konsumen dengan 2 cara, yaitu di letakan begitu saja di etalase toko dan di bagi-bagikan di jalan. Sistem seperti ini kadang membuat pembagian katalog tidak tepat sasaran. Sehingga penggunaan katalog manual seperti ini mulai ditinggalkan.


e-katalog modern market retail. E-catalogue jenis ini biasanya mempromosikan diskon produk
Katalog supermarket pada umumnya terlihat seperti ini

Karena bisa tidak tepat sasaran, biaya yang dikeluarkan untuk membuat katalog tidak berbanding lurus dengan feedback yang di dapat oleh perusahaan. Biaya yang di keluarkan pun menjadi sia-sia. Ditambah lagi harus terus menerus mencetak kembali, karena katalog manual memiliki tanggal expired.


Atas dasar pemikiran itu, saat ini para web developer dan pengusaha memutuskan untuk membuat e-catalogue. Tentunya katalog elektronik ini dapat menekan biaya overhead, karena tidak harus melakukan printing, sehingga bisa menambah sedikit profit. Semakin hari semakin banyak perusahaan-perusahaan menggunakan e-katalog untuk memasarkan produk mereka, karena dinilai lebih efektif.


DEFINISI E-KATALOG / E-CATALOGUE

(back to top)


Sebelum mengenal e-catalogue, ada baiknya mengenal definisi dari katalog itu sendiri. Katalog adalah sebuah list atau daftar berisi produk atau jasa yang dijual dan memberikan informasi mengenai harga dan promo pada masa tertentu. Contoh katalog manual ini dapat banyak dijumpai di beberapa supermarket maupun minimarket.


Sedangkan e-catalogue atau e-katalog elektronik adalah sebuah sistem informasi dari sebuah katalog yang berisi mengenai daftar produk atau jasa, jenis, merk, spesifikasi teknis, harga dan jumlah barang atau jasa yang tersedia, yang dapat di akses secara digital. E-catalogue tidak memiliki tanggal expired, karena bisa di revisi kapan saja, sehingga tidak perlu terus menerus mencetak ulang seperti pada katalog manual.


JENIS-JENIS E-KATALOG / E-CATALOGUE

(back to top)


E-Catalogue memiliki jenis-jenis tersendiri menurut isi di dalamnya dan siapa yang menerbitkan. Nah sebagai sumber inspirasi dan pembelajaran, ada baiknya Anda lihat beberapa contoh e-katalog yang sekarang fungsional. Berikut adalah beberapa jenis e-katalog yang bisa diakses:


1. E-Catalogue Nasional

Katalog elektronik nasional merupakan katalog yang disusun dan dikelola oleh Lembaga Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah. Biasanya e-katalog ini berisi tentang pengadaan barang-barang bantuan untuk fasilitas Negara. Misalkan jasa operator, jasa dalam pekerjaan konstruksi, buku-buku sekolah, seragam sekolah, dan lain sebagainya. e-catalogue nasional berlaku untuk seluruh kepentingan negara Indonesia secara umum.


2. E-Catalogue Sektoral

e-katalog sektoral adalah katalog yang disusun oleh kementrian. Ruang lingkupnya lebih kecil dari e-catalogue nasional. Contoh produk atau jasa yang disediakan adalah alat nelayan, alat pertanian, alat perkebunan, dan lain sebagainya.


3. E-Katalog Daerah


Untuk e-catalog daerah, merupakan katalog yang menyediakan barang atau jasa untuk menjangkau lingkup yang lebih kecil lagi. Tim yang menyusun adalah pemerintah daerah setempat, yang langsung di bentuk oleh kepala daerah. Kriteria dari barang atau jasa yang tertuang dalam e-katalog daerah adalah yang dapat di standard-kan dan memiliki sifat berulang.


4. E-Catalogue Swasta



Berbeda dari ketiga jenis diatas, untuk e-katalog swasta dapat di kategorikan lagi menjadi 2 kelompok utama sesuai dengan target perusahaan, yaitu e-katalog untuk konsumen dan untuk bisnis. Keduanya memiliki pengertian yang sama, yaitu merupakan list barang atau jasa yang dibuat oleh perusahaan atau badan usaha swasta secara digital, dan berisi informasi barang atau jasa yang mereka jual.


Contoh dari e-catalogue konsumen atau kebutuhan sehari-hari adalah:

https://id.oriflame.com/products/digital-catalogue-current?pageNumber=1&catalogue=2019007

http://www.carrefour.co.id/id/catalog/index.php


Sedangkan contoh e-katalog untuk  pelaku bisnis B2B adalah:

https://www.houseofhwang.com/post/item/11/KATALOG-BENANG

http://wirapax.com/katalog/


MANFAAT E-KATALOG BAGI KONSUMEN

(back to top)


e-katalog bukan hanya sebagai ajang untuk pamer kemajuan perusahaan atau sebagai bentuk kemajuan zaman. Beberapa pihak memilih untuk membuat e-katalog karene memiliki banyak manfaat baik bagi perusahaan maupun bagi konsumen atau masyarakat, jika dibandingkan dengan katalog biasa yang dicetak diatas kertas. Beberapa manfaat dari e-katalog dilihat dari sudut pandang konsumen atau masyarakat adalah sebagai berikut:


1. Mudah di Akses Berbagai Pihak


Adanya e-katalog membantu konsumen untuk mengehemat waktu dalam menentukan dimana mereka memutuskan untuk membeli barang tersebut dan barang apa yang akan dibeli. Hanya dengan 1 perangkat, mereka dapat melihat beberapa e-katalog sekaligus dari beberapa toko atau supplier.


Kebiasaan konsumen yang sering membandingkan harga, akan lebih mudah dengan menggunakan katalog elektronik ini. Tidak perlu repot-repot pindah atau bertanya dari satu tempat ke tempat yang lain, yang tentunya selain membuang waktu juga membuang tenaga dan menambah biaya lain, seperti bahan bakar atau biaya telepon.


2. Selalu Update Dengan Efisien


Jika diperhatikan, katalog yang masih menggunakan kertas akan selalu ada masa nya sendiri. Dalam arti, foto produk, harga dan promo dalam katalog tersebut hanya berlaku pada waktu tertentu. Setelah melewati masa itu, maka katalog manual itu tidak akan berguna lagi.


E-catalogue atau e-katalog akan lebih mudah diupdate dibandingkan katalog yang di print
E-katalog dapat diupdate dengan lebih mudah dibandingan printed catalogue

Tetapi dengan menggunakan e-katalog, konsumen atau masyarakat akan terus update terhadap perkembangan barang atau jasa yang ingin mereka lihat. Tidak ada lagi katalog yang tidak berlaku atau expired, karena e-catalogue terus akan di update setiap ada perubahan. Setiap konsumen mengakses, maka saat itu juga adalah update terbaru dari toko atau supplier yang di lihat.


3. E-Catalogue Membuat Informasi Barang dan Jasa Lebih Transparan & Mudah Didapat


Beberapa kasus pernah terjadi di proses jual beli, bahwa harga yang ada pada katalog tidak sama dengan yang ada pada kasir. Setelah diprotes, akan selalu ada alasan untuk membela diri, salah satunya dengan alasan “ada kesalahan pada katalog”.


Seperti yang dijelaskan sebelumnya, e-katalog akan selalu menjadi update-an terbaru. Oleh karena itu, informasi barang dan jasa yang ada di dalamnya selalu transparan.


Pihak lain tidak bisa lagi menyela atau bahkan mengambil keuntungan, dengan menjual barang atau jasa tersebut lebih mahal untuk alasan pribadi. Informasi yang terdapat pada e-katalog berarti telah disetujui oleh pihak perusahaan yang berwenang dan dianggap sah.


Jika pada kenyataannya, ada beberapa oknum yang tidak memberikan barang atau jasa sesuai dengan informasi yang dimuat pada e-katalog, maka konsumen memiliki hak untuk protes atau bahkan sampai membawa ke jalur hukum.


e-katalog atau e-catalogue akan bermanfaat untuk efisiensi pengadaan barang & jasa. Ini contoh e-catalogue mobil
E-katalog mobil

Sumber: https://www.hondacengkareng.com/harga-suku-cadang-resmi-motor-honda/


Degan kondisi yang transparan ini, konsumen juga tidak perlu repot untuk memilih supplier (jika kondisinya untuk dijual kembali), karena biasanya di dalam e-catalogue akan terpampang harga khusus untuk pembelian dalam jumlah grosir. Jadi konsumen bisa mengetahui potongan harga bila membeli dalam jumlah tertentu, tanpa perlu bingung dan bertanya melalui telepon lagi.


4. E-Catalogue Lebih Efektif Untuk Meningkatkan Performa Pengadaan Barang


Melalui e-katalog khususnya untuk pengadaan barang dan jasa, konsumen akan lebih mudah melakukan kesepakatan harga, termin waktu pembayaran atau kesepakatan lainnya. Selain itu, e-catalogue lebih efektif karena menghemat waktu, sebab membantu mempercepat proses pengadaan sehingga produktivitas juga bisa meningkat. Konsumen bisa dengan cepat mengolah kembari barang tersebut untuk kemudian dijual kembali.


MANFAAT PENGGUNAAN E-KATALOG BAGI PERUSAHAAN

(back to top)


Tidak hanya bagi konsumen, tetapi e-katalog juga membawa keuntungan bagi perusahaan yang menerapkannya. Jika tidak, tentu mereka tidak akan menyediakan fasilitas e-catalogue bagi konsumennya. Biaya untuk membuat e-catalogue tidak sedikit, maka dari itu tentu katalog berbasis elektronik ini memberikan beberapa keuntungan sebagai berikut:


1. Menjangkau Lebih Banyak Pasar

Karena memberikan kemudahan, tentu konsumen pun akan bertambah. Hal ini dapat meningkatkan omset perusahaan. Seperti yang telah diketahui, zaman sekarang konsumen lebih memilih sesuatu yang mudah di akses dan menghemat waktu.


Setiap konsumen mempunyai kesibukan masing-masing. Dengan adanya e-katalog akan membantu konsumen untuk mempersingkat waktu dalam memilih pengadaan barang dan jasa. Perusahaan anda akan selangkah lebih maju dari perusahaan lain dan dapat menjangkau lebih banyak lagi pangsa pasar jika memiliki fasilitas e-katalog.


2. Lebih Tepat Sasaran


Perusahaan tidak perlu lagi repot untuk membagikan katalog kepada masyarakat. e-catalogue cukup di pasang pada jejaring sosial, dan tentunya siapapun yang mengaksesnya nanti adalah mereka yang memang sedang membutuhkan barang atau jasa yang dijual. Jika konsumen jadi memesan sekalipun, maka perusahaan akan memiliki database mereka dan dapat di follow up kembali di kemudian hari.


3. Mengurangi Resiko Penyalahgunaan Harga


Banyaknya departemen dan pegawai dalam suatu perusahaan, dapat memungkinkan terjadinya penggelapan dana. Salah satunya dengan sengaja menambahkan harga barang atau jasa pada pengadaan untuk keuntungan pribadi. Tentunya ini merugikan perusahaan, karena pihak customer akan merasa kecewa atau bahkan merasa harga barang atau jasa yang ditawarkan terlalu mahal.


e-katalog yang transaparan dan terhubung langsung dengan customer dapat menekan resiko tersebut di dalam perusahaan. Sebab e-katalog secara tidak langsung berfungsi sebagai dokumen sah yang memuat informasi barang atau jasa yang ditawarkan. Tidak akan ada 1 pihak yang bisa memanipulasi harga yang akan merugikan perusahaan.


4. Lebih Efisien Waktu & Efektif Dalam Proses Penjualan


E-katalog juga memudahkan kerja perusahaan. Beberapa e-katalog menyediakan fasilitas pemesanan, sehingga perusahaan tidak perlu repot-repot untuk melayani konsumen. Semua barang atau jasa yang dipesan akan terlampir dengan jelas.


Tidak perlu lagi bagian penjualan menerima telepon berkali-kali. e-catalogue juga memiliki arsipan, barang atau jasa yang dipesan oleh setiap konsumen jelas dan bila terjadi kesalahan, pihak perusahaan bisa menunjukan bukti pemesanan tersebut.


5. Mendukung Go Green Karena Tanpa Kertas

Karena e-catalogue merupakan list digital, maka perusahaan akan menghemat pengeluaran untuk kertas. Terkadang sekalipun membagikan katalog manual, masyarakat seringkali membuang nya jika merasa tidak tertarik.


Jika menggunakan e-katalog, perusahaan ikut andil dalam program pemerintah yaitu go-green. Seperti yang diketahui, bahwa kertas dibuat dari batang pohon, dan banyak nya pohon yang ditebang akan meningkatkan global warming.


KONSEP E-KATALOG / E-CATALOGUE

(back to top)


Pada persaingan globalisasi saat ini, pemasaran dengan menggunakan e-catalogue merupakan suatu terobosan baru, untuk mencuri perhatian pasar. Untuk membuat katalog elektronik ini, perusahaan dapat menyewa web developer atau meng hire orang IT khusus untuk mengatur e-katalog. Carilah orang yang benar-benar bisa dipertanggungjawabkan.


Untuk mempermudah perusahaan, sebaiknya konsep e-catalogue dibuat dengan sistem seperti marketplace.


List semua nama dan foto produk atau jasa yang dijual, lengkap beserta harga jual eceran, harga jual grosir, minum pembelian, informasi produk atau jasa, informasi tenggat waktu pembayaran. Sertakan promo yang sedang berlaku saat ini. Buatlah tampilan yang menarik dan mudah digunakan.


e-katalog atau e-catalogue itu adalah listing barang yang memudahkan untuk calon pembeli
Contoh membuat e-catalog pada website Venngage

Sumber: https://venngage.com/features/brochure-maker


Konsep di atas sudah termasuk dalam e-katalog. Namun untuk lebih efektif lagi, tidak ada salahnya perusahaan menambahkan fitur pembelian dan pengiriman, sehingga manfaat dari e-catalogue lebih terasa. Sambungkan katalog ini dengan departemen atau divisi penjualan, sehingga mereka dapat mengarsipkan barang yang akan keluar. Selalu update setiap ada perubahan informasi, baik itu promo maupun harga, agar tidak terjadi kesalahpahaman dengan pembeli.


Konsep dalam e-katalog adalah memudahkan pembeli untuk meng akses perusahaan, tanpa harus beranjak dari tempat mereka. Sedangkan bagi perusahaan, konsep e-catalogue adalah untuk menjangkau lebih banyak lagi konsumen. Dengan kemudahan yang ditawarkan, e-katalog dapat menguntungkan kedua belah pihak.


CONTOH KATALOG / CATALOGUE

(back to top)


Disini akan kita berikan beberapa contoh katalog yang bisa digunakan untuk bisnis Anda. Perlu diingat ini adalah katalog yang bisa Anda print dan juga bisa menjadi e-katalog untuk di download di website Anda. Contoh katalog / catalogue ini diberikan dalam bentuk Adobe Photosop / Microsoft Word / Adobe InDesign, dan Anda bisa login dulu via Google sebelum download. Berikut adalah contoh katalog-nya:


Contoh Katalog Produk Klik Disini

Contoh Katalog Produk

Contoh Katalog Jasa Klik Disini

Contoh Katalog Jasa

Contoh Katalog Restoran Klik Disini

Contoh Katalog Restoran

Contoh Katalog Fesyen Klik Disini

Contoh Katalog Fesyen

Atau kalau Anda mau membuat katalog Anda sendiri, dengan mudah Anda bisa lakukan dengan browser Anda. Cukup pergi ke www.flipsnack.com dan Anda bisa mulai membuat catalog Anda dari baru, atau dari template yang dimiliki oleh flipsnack.


KESIMPULAN ARTIKEL APA ITU KATALOG & E-KATALOG

(back to top)


Jadi kesimpulannya, menggunakan e-katalog itu akan lebih menguntungkan bagi perusahaan dan konsumen. Selain mempermudah pencarian informasi produk bagi konsumen, perusahaan juga tidak perlu buang-buang waktu untuk menjawab pertanyaan tentang informasi dasar yang ditanyakan konsumen, seperti harga, bentuk, dimensi, dan sebagainya.


Perusahaan juga tidak perlu buang-buang waktu untuk printing katalog baru ketika barang sudah habis, atau mau mengadakan potongan harga. Efisiensi budget perusahaan akan lebih efektif, dan lebih efisien.


Akan lebih baik lagi apabila e-catalogue perusahaan memberikan fitur untuk membeli langsung atau pre-oder secara online. Sehingga para pengguna dan calon pembeli bisa langsung melakukan pembayaran secara online. Hal ini selain dapat mempermudah proses transaksi, dapat menekan.


Bagaimana? Apakah Anda mau menngaplikasikan e-katalog di perusahaan Anda? Banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan lho! Kalau Anda kebetulan perlu tau juga tentang apa itu SOP, silakan dicek artikelnya ya. Salam!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *